Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Kompetensi, BMKG Jalin Kerja Sama dengan FT UI

Depok (18 Juli 2022) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI), menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait program pendidikan non-degree dan pasca sarjana serta pelaksanaan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Kegiatan ini dilakukan bertepatan dengan perayaan puncak Dies Natalis Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) ke-58, yang diselenggarakan di Taman Kotak Rotunda FT UI.

Penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) tersebut, dilakukan oleh Heri Hermansyah, selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI), dengan Nelly Florida Riama selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG. Perjanjian kerja sama (PKS) yang ditandatangi tersebut merupakan bentuk implementasi dari Nota Kesepakatan Bersama antara UI dan BMKG tentang Pemanfaatan Sarana dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, yang telah ditandatangani pada tanggal 4 Juli 2017.

Ruang lingkup perjanjian kerja sama yang dilakukan FT UI dan BMKG ini, meliputi pelaksanaan Program Pendidikan Non-Degree (short course)Program Pendidikan Pasca Sarjana, serta Program Magang Mandiri. Nantinya mahasiswa FT UI, dapat berkesempatan untuk mengambil program yang telah disediakan, dan BMKG akan menjadi mitra dalam memfasilitasi program tersebut. Selain itu, penandatangan perjanjian kerja sama yang dilakukan tersebut, juga menjadi bentuk upaya dalam meningkatkan kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG Nelly Florida Riama menyampaikan bahwa demi meningkatkan inovasi di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika, BMKG melaksanakan kerjasama dengan beberapa universitas untuk mendukung peningkatan kapasitas SDM dalam menghadapi bonus demografi yang akan mencapai puncaknya di tahun 2030.

“Saat ini BMKG memiliki tantangan untuk dapat memiliki SDM yang berdaya saing global sehingga pelaksanan kerjasama diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut,” ujar Nelly.

Terkait dengan hal tersebut, kedua belah pihak baik BMKG ataupun FT UI, sangat mengapresiasi perjanjian kerja sama tersebut. Diharapkan melalui perjanjian kerja sama tersebut, nantinya akan dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia, sekaligus sebagai bentuk upaya pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi terkait ilmu meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *