Go Global, BMKG menjadi Perhatian dalam National Government Geospatial Executive Forum, San Diego, USA.

San Diego, Juli / Bertempat di San Diego Convention Centre, San Diego, California AS, Kepala BMKG Prof. Dr. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc. bertindak sebagai salah satu panelis pada pertemuan National Government Executive Forum yang merupakan rangkaian dari kegiatan ESRI User Conference. Pada kesempatan ini KBMKG menyampaikan keunikan kondisi geografis Indonesia dengan berbagai potensi bencana alam yang mengancam. Oleh karenanya mutlak dibutuhkan informasi meteorologi, klimatologi dan geofisika yang cepat, tepat dan mudah dipahami. Salah satu upaya yang telah dan terus dilakukan BMKG dalam memberikan layanan informasi MKG adalah dengan mengoptimalkan penerapan Geographic Information System (GIS) dalam menyajikan produk-produk informasinya. Kepala BMKG juga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia telah menerapkan Kebijakan Satu Peta (One Map Policy), sehingga seluruh informasi spasial memiliki referensi peta yang sama.

Misi utama delegasi BMKG pada pertemuan ini adalah Mempromosikan ketangguhan BMKG Indonesia yang bertanggung jawab dalam melindungi segenap bangsa (260 juta jiwa) dan tanah air (lebih dari 17.000 pulau dengan luas daratan 2 juta km2 dan luas lautan 4 juta km2), dari berbagai ancaman bahaya cuaca dan iklim ekstrem serta gempabumi dan tsunami. Ketangguhan dalam menerapkan inovasi Science dan Teknologi, serta dalam berproses membangun inovasi Pengembangan SDM dan budaya berorganisasi. Selain itu misi yang diemban delegasi BMKG adalah menggali inspirasi untuk melompatkan inovasi BMKG 4.0 menuju 5.0, dengan bertukar informasi teknologi dan pengalaman terkini dari berbagai negara, serta memperluas dan menguatkan jejaring kerjasana global, terutama dengan industri, untuk melompatkan produk layanan informasi MKG berbasis inovasi teknologi 4.0.

Selain menjadi panelis pada National Government Executive Forum, Kepala BMKG bersama Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV juga menghadiri pertemuan-pertemuan lain dalam rangkaian acara ESRI User Conference, diantaranya Security and Public Safety SummitSenior Executive Summit dan beberapa seminar dengan tema-tema terkait MKG, diantaranya Application of GIS on Weather and ClimateTransforming Weather and Climate Data into Action dan Special Interest Group on Weather and Climate.

Sebelum mengakhiri acara ESRI User Conferecence, Kepala BMKG beserta rambongan juga sempat melakukan pembahasan tentang berbagai peluang dan tantangan pengembangan layanan informasi MKG yang berbasis teknologi Geographic Infromation System (GIS), dengan Presiden & Founder ESRI, Mr. Jack Dangermond.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *